Bus Rapid Trans (BRT) Semarang

Kali ini aku mau bahas tentang BRT atau panjangnya Bus Rapid Trans yang ada di Semarang. 3 tahun di Semarang bikin aku mesti belajar kemana-mana sendiri. Berhubung ga bisa bawa kendaraan (bukan ga bisa sih, tapi ga berani wkwk) jadi aku mesti tau rute angkutan umum. Yang paling enak ya BRT lebih jelas, ya walaupun kadang gaje juga tuh BRT (plus minusnya baca dibawah hehe). Mending lah yak dari pada angkot atau bus-bus nya lebih ga jelas, ga ada tandanya, warnanya sama semua wkkw. Ehh tapi ada satu bus yang paling aku inget, jurusannya entah lupa dari mana tapi ke mangkang dan masuk ke area tembalang, namanya dulu bus nugroho sekarang ganti nama ada dua, tiga putra sama lupa ada 'setia'-nya pokoknya wkwk.
BRT Semarang ini jam operasionalnya cuma sampe jam 17:30 dari jam 05:30. Jadi jam 17:30 itu Bus terakhir yang keluar dari pool. Harga tiketnya buat pelajar cuma Rp. 1000 dan buat Umum Rp. 3500.

Oke lets check this route:

Rute BRT Semarang
Kalau kata wikipedia sih bakalan ada 12 koridor atau rute, tapi karna yg udah beroperasi baru 4, jadi aku mau jelasin 4 ini aja. Berikut ini Koridor yang sudah beroperasi:



1. Koridor 1 : Mangkang - Penggaron

BRT koridor 1 ini diresmikan pada tanggal 18 September 2009. Sepenglihatanku, sampai sekarang rute ini yang warna busnya beda sendiri, warna biru, dan yang ukurannya paling gede (penampakannya dibawah nih, hihi). Kenapa cuma ini doang yg gede mungkin karna rute ini ga ada jalan menanjak atau menurun kaya rute lainnya (maybe loh yak wkwk).
Buat yang mau ke Paragon Mall bisa naik ini, nanti turunnya di Shelter Balai Kota aja biar ga usah nyeberang hehe. Ke Simpang lima juga bisa naik BRT koridor 1 ini, nanti turunnya di shelter depan Citraland Mall. 
Buat yang mau ke daerah oleh-oleh alias Pandanaran, BRT ini satu-satunya yang lewat. Turun di Halte Pandanaran. Inget yaa turun di Shelter Pandanaran, karna ga akan ada shelter lagi sepanjang jalan Pandanaran selain shelter itu. Nanti kaya aku lagi mesti jalan kaki sampe tugu muda buat dapet BRT wkwk.
Ini Bus versi lamanya tapi masih banyak yang beroperasi. Dan menurutku kaya bekas busway deh hehe

Ini Bus yang barunya, ga baru banget sih tapi better daripada yang lama wkwk
  • Dari Mangkang : Terminal Mangkang - Pasar Mangkang – Sango - Kawasan Industri - Karanganyar (SMA 8) - Karpet - KTI - Taman Lele - Lapangan Tugu - PLN - RSUD Tugu – Pengadilan – Muradi – Cakrawala – Karangayu - ADA Pasar Bulu -Pasar Bulu - SMA 5 - Balai kota – Pandanaran - Gramedia - Simpang Lima - RRI Stasiun (Ahmad Yani I) - Mullo (Milo) - Beruang - ADA Majapahit - BLK - Pedurungan/Samsat - Zebra - Manunggal Jati - Pucang Gading - Terminal Penggaron.
  • Dari Penggaron : Terminal Penggaron – Bitratex - Pucang Gading - Manunggal Jati - Zebra – BLK - ADA Majapahit - Pasar Gayamsari - Kelinci - Mullo (Milo) – RRI - SPBU (Ahmad Yani II) - Simpang Lima - Gramedia - Pandanaran - SMA 5 - Balaikota - Pasar Bulu - ADA Pasar Bulu - Karangayu - Cakrawala - Muradi - Pengadilan - RSUD Tugu - PLN - Lapangan Tugu - Taman Lele - KTI - Karpet - Karanganyar (SMA 8) - Kawasan Industri - Sango - Pasar Mangkang - Terminal Mangkang.


2. Koridor 2 : Terboyo - Terminal Sisemut/Ungaran
Koridor ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2012. Nah ini BRT kedua yang diresmiin. Berhubung rute ini jalannya turun naik jadi bus nya agak kecil. Ini bus yang sering banget aku naikin karna ini satu-satunya brt yang lewat undip tapi haltenya cuma ada di deket patung Diponegoro.
Katanya sih mau ada brt masuk ke kampus undip, udah ada shelternya segala malah. Tapi udah berapa bulan ga ada terus wkwk. Tapi mending ga usah ada sih, udah jalanan kecil, kampus sempit, parkir mobil mahasiswa ampe keluar ke jalanan, jadi makin bikin macet yang ada :(
Ini Penampakan BRT koridor 2 dari dalam
Ini nih penampakannya. Rata-rata BRT rute ini masih bus yang lama, jadi kadang ac-nya suka ga kerasa :(
Kalau mau naik dari tembalang ke arah terboyo naiknya di shelter yang seberang Waroeng Steak atau sederet Hotel Plaza sanaan lagi, wkwk. Kalau mau naik yg ke arah ungaran naiknya dari seberang BNI Srondol/Prodia Srondol.
Kalau dari tembalang mau ke Stasiun Tawang bisa langsung naik ini, tapi kalau ke Stasiun Poncol atau Bandara mesti transit di Shelter SMA 5. Oh iya kalau mau ke Paragon Mall juga bisa naik ini, turun di Shelter SMA 5 juga. Dan kalau mau ke SImpang Lima turun situ juga trus naik yang ke arah Penggaron. Nah buat yang mau ke Lawang Sewu turunnya di Shelter Katedral trus jalan kaki sampe Lawanng Sewu heuu.
  • Dari Terboyo : Terboyo - RSI Sultan Agung - LIK - Kampoeng Semarang - Sawah Besar Kaligawe - Pasar Kobong - Raden Patah - Kota Lama - STIE BPD Jateng - Johar - Balai Kota - Katedral - RSUP Kariadi - Ngaglik - SPBU Gajahmungkur - Elizabeth - Kagok - Akpol - Don Bosko - Kesatrian - Pasar Jatingaleh - Bukitsari - Ngesrep/Tembalang - Ruko Setiabudi - SPBU Sukun - Banyumanik - Mega Rubber - Gedawang - BPK Jawa Tengah - Alun-alun Ungaran - Sisemut (Terminal Ungaran).
  • Dari Sisemut : Sisemut - Taman Unyil - BPK Jawa Tengah - Pudakpayung– KODAM - Terminal Banyumanik - ADA Setiabudi - TK Srondol - Ngesrep - Pasar Jatingaleh - Kesatrian - Don Bosco - Akpol - Kagok - Elizabeth - Taman Gajahmungkur - Ngaglik - RSUP Kariadi - RS Wira Bhakti Tama - SMAN 5 - Suzuki Pemuda - Johar - Layur –Stasiun Tawang - Pengampon - Penjaringan - Pasar Kaligawe - Kampoeng Semarang - SMP 4 - RSI Sultan Agung – Terboyo.

3. Koridor 3 : Pelabuhan Tanjung Mas - Elizabeth - Akpol
Koridor 3 ini adalah koridor yang paling baru beroperasi, diresmikan pada tanggal 5 November 2014. Bus nya warna merah sama kaya koridor 2 dan 3 tapi semua armadanya masih baru dan enak, better dari pada yg lama, menurutku lebih luas entah kenapa wkwk. Koridor 3 ini armadanya yang paling sedikit karna masih baru dan masih jarang yang pake, makanya bisa sampe 30 menit selang antar BRT nya, dan telat dikit aja langsung bisa bikin nyesek :'(
Dan koridor ini yang amat sangat bikin aku pusing 7 keliling (lebay mode on). Koridor ini yang paling lama aku pahamin rutenya, sebulanan kayanya. Karna aku selalu naik dari elizabeth alias transit jadi bakalan ada 2 BRT koridor 3 yang berhenti, ujung-nya sih sama pelabuhan tapi yang satu ke arah akpol, yang satu ke arah simpang lima. Mesti hati-hati naiknya, tanya ke PTA nya sebelum naik, malu bertanya sesat di jalan bro, kalo malu bertanya nanti kaya aku telat 30 menit lesnya karna salah naik BRT yang ke arah simpang lima, untung udah paham rute yang lain jadi masih bisa les, kalo ga ya balik lagi ke kos an wkwk.
Jadi tuh kaya ada Koridor 3A 3B, sejenis itu lah ya.
Oh iyaa buat yang mau ke daerah tanah putih, mataram, Java Mall, Dr. Cipto bisa naik ini. Dan jalur mataram sama dr cipto beda lho ya karna mereka satu arah jadi mesti hati-hati banget, tanya kalau bingung dan ga tau hehe.
Ini penampakannya, masih baru keliatan bagus kan? wkwk. Berhubung ga dapet foto dalemnya yg bagus jadi cari aja di google siapa tau kalian nemu heuheu
Tuh liat gambar diatas, Pelabuhan sampe Pelabuhan lagi, pusing kan? Sama wkwk. Jadi nih BRT yang dari Pelabuhan trus lewat simpang lima trus ke elizabeth, nantinya ga bakalan balik ke simpang lima tapi lanjut ke Akpol sampe pelabuhan. Dan begitu pula sebaliknya, BRT yang dari pelabuhan lewatin akpol trus elizabeth, bakalan lanjut terus ke simpang lima sampe Pelabuhan lagi. (Tuh aku kasih warna biar ga kelewat hehe)
Mesti hati-hati banget pokoknya kalau naik ini, mesti baca peta nya dengan seksama, bahkan pahami jalan juga, karna ada jalan satu arahnya, fokus ke peta jangan ke mantan atau gebetan #ehh wkwkwk.
  • Jalur A : Pelabuhan Tanjung Emas – Jl Ronggowarsito – Jl Pengapon – Jl R Patah – Sayangan – Bubakan – Jl Pattimura – Jl Dr Cipto – Jl MT Haryono – Jl Dr Wahidin – Jl Sultan Agung – Taman Diponegoro – Jl Diponegoro – Jl Pahlawan – Jl. Taman Menteri Supeno (SMA1/Taman KB) - Simpang Lima – Jl Gajahmada – Jl Pemuda – Tugu Muda – Jl Imam Bonjol – Jl Dr Jawa – Jl Tawang – Jl Ronggowarsito – Pelabuhan Tanjung Emas
  • Jalur B : Pelabuhan Tanjung Emas – Jl Ronggowarsito – Jl Pengapon – Jl R Patah – Jl Dr Jawa – Jl Imam Bonjol – Tugu Muda – Jl Pemuda – Jl Gajah Mada –Simpang Lima – Jl Pahlawan – Jl Diponegoro – Taman Diponegoro – Jl Sultan Agung – Jl Dr Wahidin – Jl MT Haryono – Bubakan – Jl Cenderawasih – Jl Letjen Suprapto – Jl Dr Jawa – Jl Tawang – Jl Ronggowarsito – Pelabuhan Tanjung Emas

4. Koridor 4 : Terminal Cangkiran - Bandara Ahmad Yani - Stasiun Tawang
Namanya koridor 4 tapi lebih duluan di resmiin dari pada koridor 3, aneh hmm. Koridor ini diresmikan pada tanggal 2 Desember 2013. Kalau kalian merhatiin foto BRT yang biru diatas tulisannya Koridor 4, itu bener. Jadi kata wikipedia, awalnya itu mau pake yang biru tapi karna ada masukan dari beberapa pihak jadinya di ganti sama yang warna merah, yg ukuran kecil. Katanya lagi nih, awalnya cuma sampe Bandara doang, tapi dengan berbagai pertimbangan jadinya dipanjangin deh sampe tawang. Dan aku bahagia banget pas tau, jadi kalau mau ke tembalang ga perlu ke terboyo dulu, naik ini aja trus transit di Balai Kota hehe. Aku jarang naik ini sih, jarang banget malah. Seingetku sih BRT nya pake armada yang baru sama kaya koridor 3.
Oh iyaa buat yang mau ke bandara tapi bawaannya banyak atau berat, sangat tidak disarankan naik BRT ini, karna shelternya ga di dalem bandara, cuma sampe sebelum rel kereta doang, jadi kamu harus jalan kaki masuk ke dalemnya, dan itu lumayan buat yg bawaannya banyak atau berat hehe. Tapi buat traveler atau yang seneng jalan kaki kaya aku (wkwk), silahkan naik BRT aja karna jauh lebih hemat dan sekalian olahraga juga wkwk.
Nah buat yang mau ke Stasiun Poncol atau Stasiun Tawang bisa naik BRT ini dan nanti turun persis di depan Stasiunnya. Buat yang mau jalan-jalan ke kota lama juga bisa naik ini, turun di Shelter Kota Lama. Atau kalau mau ke Johar dan Paragon Mall juga bisa naik ini haha.
Berhubung penampakannya sama kaya koridor 2 dan 3 jadi ga perlu foto lagi lah yak hehe. Bedanya nanti ada tulisan IV nya kok di depan kanan kiri belakang Bus nya hehe.
  • Dari Cangkiran : Terminal Cangkiran - Jalan RM Hadi Soebeno - Jalan Dr Hamka - Jrakah - Jalan Urip Sumoharjo - Pengadilan - Muradi - Bandara Ahmad Yani - Cakrawala- Pasar Karang Ayu - Ada Siliwangi - Pasar Bulu - UDINUS - Stasiun Poncol - Layur - Stasiun Tawang
  • Dari Stasiun Tawang : Stasiun Tawang - Kota Lama - Stasiun Poncol - Balai Kota - Pasar Bulu - ADA Siliwangi Pasar Karang Ayu - Cakrawala - Bandara Ahmad Yani - Muradi - Pengadilan - Jalan Urip Sumoharjo - Jrakah - Jalan Dr Hamka - Jalan RM Hadi Soebeno - Terminal Cangkiran


Huft panjang banget yaa, miane aku ga pinter nulis huhu.
Nah sekarang lokasi Shelter Transitnya. Berhubung aku ga hafal dan ga semua shelter aku datengin jadi aku ambil dari wikipedia (again, abisnya ga ada website resminya huhu):
  • Halte SMA 5 Semarang (Koridor 1 dan 2)
  • Halte Balaikota Semarang (Koridor 1, 2, 3 dan 4)
  • Halte Stasiun Tawang (Koridor 2, 3 dan 4)
  • Halte Pengadilan (Koridor 1 dan 4)
  • Halte Pasar Karang Ayu (Koridor 1 dan 4)
  • Halte kota lama (Koridor 2 dan 4)
  • Halte Simpang Lima (Koridor 1, dan 3. Koridor 2 berlaku jika ruas Jalan Pemuda tempat Halte SMA 5 & Balaikota tidak dapat dilalui)



Aku bingung mau jelasin apa di tempat transit ini, yang jelas kamu ga perlu bayar lagi tapi mesti kasih liat karcis/tiket yang kamu beli, karna kalau ga ada kamu bakalan disuruh bayar lagi. Jadi simpen baik-baik karcis/tiketnya jangan sampai hilang, simpen sampai kamu keluar dari shelter baru boleh dibuang, tapi buangnya ke tempat sampah lho yaa jangan sembarangan haha.
Oh iyaa kalau kamu mau pindah mesti di tempat transit yaa karna kalau ga di tempat khusus transit kamu bakalan dimintain uang tiket lagi dengan tarif normal. Trus yang pernah aku alamin, transit di kota lama itu cuma bisa sampe jam 5an kayanya, karna pernah transit disitu jam 6an katanya udah ga boleh, karna ga ada yang jaga, tapi karna aku baru tau jadi ga perlu bayar lagi, tapi lain kali mesti bayar huhu.
Oh iyaa BRT ga kaya Busway yaa, kalau busway kan bisa balik lagi ke halte sebelumnya nah BRT ga bisa, karna shelternya bersebrangan dan kecil dan ga ada jembatan penyebrangan kaya Busway. Bisa sih sebenernya tapi pinter-pinternya kamu aja buat mensiasatinya, misal aku mau balik tembalang lagi, aku turun aja di elizabeth trus naik yg ke arah ungaran heuheu.

Enak ga nya BRT Semarang
Ga enaknya ada beberapa:
1. Bus yang kecil tapi diisi sampe penuh trus jadi pengap dan AC yang kadang suka ga jalan.
2. Jumlah armada yang menurutku masih kurang karna selalu penuh, dan selang antar BRT bisa sampe 30 menit, bahkan bisa lebih.
3. Lama banget nunggunya, pernah sampe 2 jam nungguin yg ke arah ungaran di elizabeth, dan ternyata ada yang pingsan karna kepenuhan gitu. Tapi kenapa BRT yang lain ga ada juga? Kan yang pingsan cuma di satu BRT :(( Kesel setengah mati disitu sama BRT, ga ada rasa bersalahnya udah bikin penumpang nunggu lama, huft.
4. Pernah ada kejadian naik BRT koridor 3. Aku mau les di daerah mataram tapi aku ga tau nama haltenya, tapi aku tau mau turun dimana. Trus aku duduk di deket pak sopir kan, nah pas beli tiket selalu ditanya sama mas nya mau turun mana, karna aku ga tau aku cuma jawab "didaerah mataram mas, saya tau kok nanti turunya, lupa namanya aja." Trus bapak sopirnya nyolot "Lho gimana sih mba masa ga tau." ya semacam itu lah. Yaudah aku diem aja karna mulai bete, tenang pak kalau saya yg salah saya ga akan nuduh bapak sama PTAnya yg nyasarin saya, udah biasa saya mah tersesat gitu. Trus pas mau sampe terminal bangkong bapak supirnya malah makin nyolot sambil nyolek dengkulku "Turun mana nih mba?" atau apa gitu lupa pokoknya nyolot banget sampe kesel trus aku bilang aja "Itu shelter selanjutnya kok pak yang di depan" sambil berdiri trus ngerasin langkah kaki sambil pasang muka bete. Lagian kaya gitu kan urusan PTA nya bukan supirnya, pake nyolek segala udah gitu nada ngomongnya kaya marah gitu lagi, kenapa mesti marah coba bapaknya, aneh kan.
5. Kadang supirnya se enaknya sendiri, salah satu contohnya pas koridor 3 kan mesti lewat SMA 1, nah supirnya malah terus ke simpang lima, kalau ada yang mau naik gimana? Kan kasian nunggu lama, udah tau sedikit banget BRT koridor itu.

Enaknya juga ada beberapa:
1. Banyak PTA yang baik dan ramah, walaupun ada beberapa yang ga, hehe.
2. Lebih murah ketimbang mesti naik bus atau angkot, tapi kalau jarak jauh karna hanya 3500 saja. Sedangkan bus atau angkot bisa sampe 5000.
3. Buatku rutenya ga susah buat di pahamin, tapi ga gampang juga karna aku ga tau daerah jalanan di Semarang, jadi double belajarnya haha.
4. Mempermudah akses transportasi, kalau mau ke terminal atau stasiun atau bandara jadi gampang, ga perlu naik turun bus umum atau angkot.


Udah itu aja kayanya, kurang lebihnya kaya gitu. Kalau ada yang salah mohon dimaafkan hehe. And buat yang mau nanya-nanya seputar BRT Semarang silahkan, sebisaku aku jawab tapi kalau ga bisa maap yak hehe.
Oh iya mau ingetin lagi, jangan malu buat bertanya ke PTA ya, ya walaupun ada beberapa yg agak ketus (I know ini yg bikin males buat nanya) tapi tetep aja mereka lebih tau dari pada kamu, banyak kok PTA yang ramah dan baik :)
Malu bertanya sesat dijalan lho hihi..



NB: PTA itu kaya penjaga pintu sama tiket gitu, seingetku kalau ga salah si PTA disebutnya, kalau salah maap yak hehe.

Warning!!! (Edited 28th August 2016)
Naik dan turun brt nya hati-hati yaa, apalagi pas jarak antar brt dan shelternya agak jauh. Karna baru kemaren ini aku kepeleset di shelter pas mau turun brt. Jadi kaki kiriku di shelter, kaki kananku di brt, pas mau langkahin kaki kanan eh malah kaki kiriku kepeleset dan aku jatuh (kalo kata temenku kaya split wkwk), trus kaki kananku ga sempet naik ke shelter jadi kepentok shelter dan sampe memar :(
(Curhat mode on, maafkeun hehe)
Malu sih tapi mau gimana hehe, so hati-hati yaa :)

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak mau tanya kalo saya naik bis dari terminal penggaron transit disimpang5 ganti bis jurusan pelabuhan tapi turun dikota tua kira² kalo mau balik lagi ke terminal penggaron naik bis jurusan apa yaa ??

      Delete
  2. Replies
    1. Maaf mau tanya kalau dari stasiun tawang mau ke terminal penggaron bisa nggak mbak? Mksh

      Delete
  3. BRT terakhir yang lewat tembalang menuju terboyo kira-kira jam berapa ya? Jam 17.00 masih adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay Asri, seharusnya masih ada yang lewat karna 17:30 itu bus terakhir yang jalan dari shelter utama atau dalam kasus ini dari ungaran/sisemut :)
      Kalau jam pastinya tidak bisa dipastikan karna brt tidak ada jadwal berhenti tiap shelter jam berapa aja, tapi kadang aku masih liat brt yang lewat tembalang dari arah ungaran dan sebaliknya sekitar jam 6an kurang.
      Semoga membantu :)

      Delete
  4. BRT terakhir yang lewat tembalang menuju terboyo kira-kira jam berapa ya? Jam 17.00 masih adakah?

    ReplyDelete
  5. info sangat membantu, jempol buat ente

    ReplyDelete
  6. Kalau ke arah ngaliyan kampus 3 uin naiknya dimana?? Adakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Fitrotun Nissa, maaf banget nih baru bisa bales, baru buka blog lagi (mahasiswa tua sibuknya minta ampun hehe)..
      Honestly, aku baru sekali ke mangkang waktu masih beberapa hari di semarang dan itu ga naik brt (karna blm tau ada brt hehe), jadi aku mengira-ngira aja ya (maafkeun huhu)..
      Btw kampus uin nya yg di deket polsek tugu? Jadi sepemahaman ku liat di google maps, kamu ga bisa turun deket kampus uin, kalau mau naik brt shelter paling deket rsud tugu, tapi itu lumayan agak jauh kayanya dari uin, huhu maafkeun kalau ga membantu :(

      Delete
  7. Klo mo ke Mijen dari Stasiun Tawang naik BRT turunnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf nih baru bisa balas hehe..
      Mijen nya yg daerah mana ya? Pokoknya kalau ke arah mijen, kamu bisa langsung naik yang koridor IV (Stasiun Tawang-Terminal Cangkiran) dari stasiun tawang langsung..
      Semoga membantu :)

      Delete
  8. penjelasannya bagus, membantu banget.

    ReplyDelete
  9. Kak Nanya, kalo aku Dari stasiun poncol Mau ke Pasar johar efektive Gak kalo pakai BRT ? Trus aku hrs pakai koredor brp ? Dtnggu jwbannya ya Kak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Santi Rustanti, maaf nih baru bisa balas hehe..
      Hmm efektif apa ga nya aku kurang tau kalau dibandingin naik angkutan umum lainnya (semacam angkot bus gitu), karna aku juga ga paham sama rute angkutan umum selain brt hehe..
      Kalau kamu mau ke johar dari poncol setauku bisa, tapi kamu harus transit. Dari stasiun poncol kamu naik brt kor. III atau kor. IV (ga usah nyebrang kalau dari stasiun, dan naik III atau IV sama aja karna tawang pemberhentian terakhir buat kor. IV jadi sama aja kamu mesti turun di tawang trus nunggu kor. IV yang lainnya), trus kamu turun di stasiun tawang buat transit, abis itu kamu naik brt kor. IV dan turun di johar atau bpd (sama aja kok itu, kalau di peta rute namanya BPD tapi PTA suka bilangnya johar hehe)..
      Semoga membantu :)

      Delete
  10. Maaf perlu dipertegas, Striker yg tertera dikaca bis (Dalam), tepatnya Gents (Depan) dan Ladies (Belakang), agar lebih efektif dan mencegah adanya pelecehan terutama terhadap kaum hawa.
    buat petugasnya tolong agar lebih ramah lagi terhadap penumpang dan mempertegas adanya sticker yg dikaca itu.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Maaf perlu dipertegas, Striker yg tertera dikaca bis (Dalam), tepatnya Gents (Depan) dan Ladies (Belakang), agar lebih efektif dan mencegah adanya pelecehan terutama terhadap kaum hawa.
    buat petugasnya tolong agar lebih ramah lagi terhadap penumpang dan mempertegas adanya sticker yg dikaca itu.
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener banget nih, coba mas sampaikan ke pihak penanggung jawab BRT nya, bisa lewat twitter @Transsemarang :)

      Delete
    2. Halo Direktur utama Bis tranamart semarang
      Sy hanya menghimbau,pilihalh sopir yg profesional
      G asal bs nyetir mobil
      tp ugal2 an
      Utamakan keselamatan
      Plat 1648
      Sopir e bahingan
      ketemu sy sy sikat

      Delete
  12. kak, mau nanya nih
    kalo dari undip mau ke sriwijaya rutenya gimana ya?
    pakenya BRT koridor berapa?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mr/miss anonymous hehe
      Jalan Sriwijaya itu yang perempatan lampu merah depan kantor polisi itu bukan??
      Setauku ga ada brt lewat situ, dan shelter terdekat sama jalan itu pun ga ada :((

      Delete
  13. Haluw selamat malam..
    Sis kalau dari terboyo jam 6pagi turun dekat lawang sewu apa sudah ada? Trimss��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo selamat malam jugaa..
      Seharusnya sudah ada, karena jam operasional BRT itu dari jam 05:30-17:30 :)
      Kalau mau ke lawang sewu turun di shelter Katedral (Setelah Balai Kota), trus jalan kaki sedikit ke lawang sewu nya :)

      Delete
  14. Kak brt dari jatingaleh ke poncol/tawang ada? Lebih ribet turun di poncol/tawang ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kak, kalau dari jatingaleh naiknya di shelter pasar jatingaleh. Kalau turun di tawang ga usah transit karna BRT nya langsung sampe di depan Stasitun Tawang, kalau ke poncol harus transit di SMA 5 setauku (udah jarang naik lagi jadi agak lupa hehe).
      Jadi kesimpulannya lebih ribet turun di poncol hehe

      Delete
  15. Hello, selamat sore...
    Kak, kalo dari undip tembalang ke mal sri ratu di jalan pemuda rutenya bagaimana ya? Naik BRT koridor berapa? Terima kasih :)
    -Nana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, selamat malam nana :)
      Kalau dari tembalang ke mall sri ratu tinggal naik brt koridor 2 aja dari shelter tembalang deket hotel plaza turun di shelter pasar johar, tapi jalan agak lumayan ke mall sri ratunya kurang lebih 200 m, tapi buat aku yg suka jalan kaki itu deket sih hehe
      Semoga membantu :)

      Delete
  16. selamat siang mba refa
    mau tanya, kalau naik BRT dri terboyo mau ke perpustakaan daerah bisa ga?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf banget nih baru bales, sebulan ku terdampar di tempat yang susah sinyal hehe
      Btw maaf lagi, aku ga tau perpustakaan daerah dimana :( Mungkin kamu bisa kasih tau alamatnya atau daerah mana?

      Delete
  17. Malem mbak, mbak kalo dr sisemut mau ke Paragon ga perlu ganti BRT ya? Turundi SMa 5 tu dr paragon jauh gak ? Trimkasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, malam juga :)
      Maaf banget nih baru bales, sebulan ku terdampar di tempat yang susah sinyal :( huhu
      Betul banget, ga perlu ganti brt dan turun di SMA 5. Buat aku ga terlalu jauh sih itu, soalnya ga ada pilihan lain juga hehe..

      Delete
    2. Hello tiara, maaf banget nih ada kesalahan kemaren. Aku baru tau ada perubahan jalur karna sekarang banyak yg satu arah. Jadi kalau dari sisemut dan mau ke paragon harus transit di Shelter Udinus kalau ga salah trus naik BRT koridor II yang ke arah mangkang, trus nanti turun di shelter Balai Kota. Biar ga salah, tanya aja ke PTA alias mas/mba yang bawa tiket itu hehe.
      Semoga membantu :)

      Delete
  18. malem mbak, mau tanya kalo dari sam po kong ke masjid agung jawa tengah naik koridor berapa? gimana cara pindah bus brt beda koridor agar tidak membayar? maaf tadi kurang jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf banget nih baru bales, sebulan ku terdampar di tempat yang susah sinyal hehe
      Setauku belom ada brt di trayek itu, harus naik angkutan umum lainnya.. Tapi aku belum nge cek lagi ada koridor baru atau ga, baru bisa internetan hehe

      Delete
  19. hai kak... mau nanya nih, aku kan bsk naik kereta malem jam10an, ada ga ya transportasi umum ke tawang? aku dari ngaliyan (permata puri).. kl brt udah ga ada ya? thanks kak.. salam anak perantauan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, duh maaf banget nih aku baru buka blog lagi :(
      Ini sih yg aku ga suka dari semarang, kalau malem minim transportasi umum. Last choice cuma gojek :')

      Delete
  20. Kak mau tanya nih kalau dari terboyo ke ngaliyan bisa nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf ya baru bales :(
      Bisa kok tapi harus transit. Jadi kamu naik brt koridor II dari terboyo trus turun di balai kota buat transit, pindah ke brt koridor IV yang ke arah terminal cangkiran nah itu lewatin ngaliyan, buat shelternya dimana aja bisa diliat di peta di atas :)
      Semoga membantu :)

      Delete
  21. Unnie annyeong^^
    Unnie mau tanya dong kalau dari mangkang ke citra grand di sambiroto tembalang naik brt bisa gak? Turunya di shelter mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahyu Annyeong ^^
      Citra grand sambiroto tuh yg dimana ya? Yg deket Pusdiklat PMI Jateng bukan? Ku baru denger soalnya hehe
      Tapi kalo aku cek google maps daerahnya ga ada brt lewat situ huhu
      Mianhae :((

      Delete
  22. Dari terboyo ke karyadi jam 6 sore masih ada gak yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello :))
      Hmm kalo itu ga pasti, aku pernah pas maghrib sekitar hampir jam 6 sore itu masih ada brt di terboyo. Tapi kalo menurut jadwalnya sih udah ga ada.
      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Tanya kak.. kalau dari terboyo ke kariadi perlu transit nggak ya?

      Delete
  23. Mlm mbak..saya mau tanya..klo saya mau ke setiabudi dr shelter simpang5 bisa..klo g bisa sy naek brt nmr Brp.. shelter yg bs sy naiki dmana..Gmn caranya sy mau ke setiabudi dr simpang5 ato pemuda..sy tgg kbrnya..tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Bisa kok tapi transit sekali. Dari simpang lima kamu naik brt dari shelter yang di depan mall cl, trus naik yang ke arah mangkang. Abis itu kamu turun di shelter balai kota, trus pindah brt koridor 2 yang ke arah terboyo/ungaran (sama aja cuma suka beda tulisan doang hehe), trus turun di setiabudi deh, kamu setiabudinya yang dimana? ada 3 shelter sepanjang jalan itu hehe.
      Btw ini setiabudi yang tembalang kan? yg depan patung diponegoro? hehe
      Semoga membantu :))

      Delete
  24. Halo kak :)
    Aku dari surabaya, kebetulan aku mau ke semarang tgl 22 besok. Nah rencana mau naik trans semarang dari st. Poncol ke daerah sukun.. Tanya dong mbak aku harus naik brt nya darimana, transit dmn. Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Dian :))
      Sebelumnya aku mau minta maaf dulu nih, karena per januari 2017 ada perubahan satu jalur jadi agak ribet dan ini sepemahamanku yaa hehe. Kamu harus transit 2 kali kalau dari poncol - sukun.
      Kalau kamu dari stasiun poncol, kamu keluar stasiun trus sebelah kiri pintu keluar ga jauh ada shelter warna merah, kamu naik dari situ, koridor yang mana aja, trus turun di Stasiun tawang buat transit. Di stasiun tawang kamu naik BRT koridor IV yang ke arah bandara, trus kamu turun di Balai Kota buat transit lagi (seingetku ada shelter sebelum ini juga bisa tapi ku lupa, jadi yg pasti aja ya hehe). Dari Balai kota kamu naik BRT koridor II yang kearah ungaran/sisemut (sama aja sebenernya haha), trus kamu turun di shelter Ada Banyumanik (kalau ke terminal sukun lebih deket turun disini). Atau kamu tanya2 aja sama mas/mba petugasnya, mereka lebih ngerti hehe.
      Semoga membantu :))

      Delete
    2. Makasih informasi nya kak :)

      Delete
    3. Makasih informasi nya kak :)

      Delete
    4. Sama-sama, semoga lancar perjalanannya nanti, aamiin :))

      Delete
  25. Mau nanya, klo dari Terboyo mau ke Dr. Wahidin naik apa yah?. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Ini Dr. Wahidin jalan yang setelah MT. Haryono kalo dari arah Java Mall bukan? Tanah putih?
      Kalau iya kamu perlu transit 1 kali dari terboyo.
      Dari Terminal Terboyo kamu naik BRT koridor II yang ke arah ungaran/sisemut, trus kamu turun buat transit di Shelter Raden Patah (kalau ga salah namanya itu, aku lupa hehe), trus kamu naik BRT koridor III, trus kamu turun di shelter yang deket sama lokasi tujuanmu.
      Sepanjang jl. Dr. Wahidin ada 3 shelter, pertama shelter Tanah Putih/Singotoro (belokan sebelum Restaurant Fish&Co.), kedua Shelter Kasipah (Ini yang deket pom bensin kalo ga salah), ketiga Shelter SMA Sint Louis (Ini yg deket sekolahan itu, sebelum pertigaan kearah kesatrian).
      Semoga membantu :))

      Delete
  26. Mba kalo mau ke Sam Poo Kong dari Undip Tembalang gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Kalo ke sampokong aku ga pernah naik brt karna dulu belom ada. Tapi sekarang kayanya BRT baru yang koridor V lewat situ.
      Sepemahamanku kamu perlu transit 2 kali. Jadi dari undip kamu bisa naik di shelter depan perumda atau yang ada di dalem kampus, trus kamu turun di elizabeth buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor III yang ke arah simpang lima tapi kamu turunnya di Balai Kota buat transit. Trus dari Balai Kota kamu naik BRT Koridor V yang ke arah PRPP, trus kamu turun di shelter terdekat tanya sama petugasnya ya, soalnya aku ga tau dimana shelter terdekat sampokong hehe.
      Semoga membantu dan jangan malu untuk bertanya ke petugas BRT :))

      Delete
  27. Mba kalo mau ke Sam Poo Kong dari Undip Tembalang gimana ya?

    ReplyDelete
  28. Malam mbak. Lanhsung azza yya. Dari stasiun poncol ke rsud kariadi pake koridor brp n next balikx lg ke poncol jg dg koridor yg sama? Thx before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Malam Bu Dias :))
      Kalau dari stasiun poncol setau saya, Ibu keluar stasiun dulu trus sebelah kiri pintu keluar ga jauh ada shelter warna merah, trus naik dari situ, koridor yang mana aja, trus turun di Stasiun tawang buat transit. Di stasiun tawang Ibu naik BRT koridor IV yang ke arah bandara, trus Ibu turun di Balai Kota buat transit lagi (seinget saya ada shelter sebelum ini juga bisa tapi saya lupa, jadi yg pasti aja ya hehe). Dari Balai kota Ibu naik BRT koridor II yang kearah ungaran/sisemut (sama aja sebenernya haha), trus Ibu turun di rsud kariadi, pas di depannya kok.
      Kalau pulangnya Ibunya nyebrang, jadi Shelternya itu bersebrangan sama shelter yang tadi Ibu turun. Trus naik BRT Koridor II yang kearah terboyo, tapi ibu turun di Shelter Udinus buat transit, trus naik BRT koridor III atau Koridor IV, lalu turun di Stasiun Poncol.
      Semoga membantu :))

      Delete
  29. Assalaamualaikum kak refaramadhani

    1. Apa betul aku nunggu brt koridor II di shelter depan waroeng steak jalan setiabudi - tujuan terminal torboyo ?
    2. Apa betul naik
    brt nya sekali doank ?
    3. Turunnya di shelter mana ya kalau aku ga mau turun di terminal terboyo, karena masih melanjutkan ke nasmoco kaligawe dengan berjalan kaki

    Makasih ya infonya, semoga urusannya dimudahkan oleh Allah swt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak aku ralat no. 1
      Dimana letak shelter brt di sekitar po bus nusantara atau ada banyumanik ?

      Maklum ya baru ini mau coba brt

      Delete
    2. Wa'alaikumsalam Wr. Wb. :))
      Gpp kok santai aja, haha. Malu bertanya kan sesat dijalan juga hehe
      1. Seinget aku ada di deket Ada banyumanik, kalau keluar dari Ada kamu ke sebelah kirinya, ga jauh dari situ ada shelter warna merah.
      2. Kalau kamu mau kearah terboyo betul cuma sekali aja dari ada banyumanik, BRT Koridor II.
      3. Kalau kamu mau ke Nasmoco Kaligawe, turunnya di Shelter RSI Sultan Agung, itu sebelum masuk terminal terboyonya. Kalau dari maps jarak dari RSI sultan agung ke nasmoco kaligawe cuma 450 meter kok, hehe.
      Aamiin, terimakasih doa nya, semoga lancar perjalanannya :))
      Semoga membantu :))

      Delete
  30. maaf kak mau tanya,, kalo dari terminal sukun mau ke universitas negeri semarang naik apa yaa ? saya bener bener gak tau jalan... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Kalau angkutan umum yang aku tau cuma BRT, soalnya semarang angkotnya ga ada bedanya, jarang yang ada tulisan jurusannya apa hehe
      Kalau dari sukun kamu bisa naik BRT Koridor II yang ke arah Terboyo, shelter nya ada di deket Ada Swalayan, sebelah kirinya, sebrang ruko-ruko. Trus kamu turun di elizabeth buat transit. Trus kamu naik brt Koridor VI yang kearah Unnes. Trus turun di Unnes, tanya aja sama petugasnya turun terdekat unnes di shelter mana, soalnya aku ga pernah ke unnes naik BRT hehe.
      Jangan malu bertanya sama petugasnya yaa, mereka yang lebih tau soalnya dari pada aku, biar ga nyasar juga hehe..
      Semoga membantu :))

      Delete
  31. Kak klo dr arah ungaran ke sampokong gmn ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Kalo ke sampokong aku ga pernah naik brt karna dulu belom ada. Tapi sekarang kayanya BRT baru yang koridor V lewat situ.
      Sepemahamanku kamu perlu transit 2 kali. Jadi dari Ungaran kamu bisa naik BRT Koridor II di shelter terdekat lokasi mu (Koridor II dimulai dari Terminal Sisemut, kamu bisa liat peta rute di atas), trus kamu turun di elizabeth buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor III yang ke arah simpang lima tapi kamu turunnya di Balai Kota buat transit. Trus dari Balai Kota kamu naik BRT Koridor V yang ke arah PRPP, trus kamu turun di shelter terdekat tanya sama petugasnya ya, soalnya aku ga tau dimana shelter terdekat sampokong hehe.
      Semoga membantu dan jangan malu untuk bertanya ke petugas BRT :))

      Delete
  32. Mb mau nanya, kalau dari ungaran mau ke stasiun poncol itu gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello :))
      Kalau dari ungaran ke stasiun poncol ada 2 alternatif yang sebenernya sama tapi cuma beda tempat transitnya aja:
      1. Dari ungaran naik BRT Koridor II yang kearah terboyo. Trus kamu turun di elizabeth buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor III yang kearah simpang lima, trus nanti kamu turunnya di stasiun poncol.
      2. Dari ungaran naik BRT Koridor II yang kearah terboyo. Trus kamu turun di udinus (kalau ga salah nama shelternya itu) buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor III atau BRT Koridor IV trus turun di Stasiun Poncol.
      Semoga membantu :))

      Delete
  33. mbak mau nanya, kalo dari tembalang ke pasar johar gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello :))
      Tembalangnya undip? kalau dari dalem undip kamu bisa cari shelter terdekat trus naik BRT Koridor VI yang ke arah unnes, trus kamu turun di elizabeth buat transit, trus kamu naik BRT Koridor II yang ke arah terboyo, trus kamu turun di pasar johar.
      Kalau kamu dari luar undip atau diluar patung diponegoro, kamu bisa langsung naik dari shelter sebrang waroeng steak, trus naik BRT Koridor II, trus turun di pasar johar.
      Semoga membantu :))

      Delete
  34. Kak' mau nanya kalau dari cangkiran ke simpang lima gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello :))
      Kamu bisa naik dari shelter terdekat atau dari terminal cangkiran, naik BRT koridor IV yang ke arah stasiun tawang, trus kamu turun di udinus buat transit, trus kamu naik BRT Koridor I yang kearah penggaron, trus kamu turun di simpang lima deh, shelternya ada di depan mall CL.
      Semoga membantu :))

      Delete
  35. Kalo dari udinus langsung ke undip bisa? Soalnya bukan asli semarang:)) Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello :))
      Bisa tapi harus transit, ada 2 pilihan nih hehe.
      1. Kamu bisa transit 1 kali aja, tapi kamu harus jalan kaki dulu ke shelter yang di depan Sekolah Pangudi Luhur Dominico Savio. Kamu naik BRT Koridor II dari situ, trus turun di elizabeth buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor VI yang ke arah undip, trus bisa turun di kampus undip.
      2. Kamu perlu transit 2 kali kalau ga mau jalan dulu. kan ada shelter di depan udinus tuh, kamu naik dari situ BRT Koridor I yang ke arah mana aja, trus kamu turun di balai kota buat transit. Dari balai kota kamu naik BRT Koridor II yang ke arah terboyo/sisemut/ungaran (sama aja cuma suka beda nama), trus kamu turun di elizabeth buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor VI yang ke arah undip, trus bisa turun di kampus undip.
      Semoga membantu :))

      Delete
  36. Hallo kak sebelumnya artikel nya sangat membantu, aku mau tanya dong kak. Kalo kita dari terminal sisemut ungaran mau ke undip turun dimana ya? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Alhamdulillah bisa ngebantu hehe
      Kalau dari ungaran biar cepet aku saranin kamu turun di shelter tembalang yang di deket hotel plaza, trus jalan kaki ke arah pantung diponegoro, trus naik angkot dari situ ke kampus undip.
      Soalnya kalau kamu mau nyambung brt kejauhan, transitnya cuma bisa di elizabeth dan makan waktu banget hehe..
      Semoga membantu :))

      Delete
    2. Oke kak terimakasih infonya hehe. Oiya nnti tinggal bilang aja turun di shelter tembalang kan kak?

      Delete
    3. Sipp, masamaa haha
      Iyaaa bener banget :))

      Delete
    4. Hehe iya kak, makasihh yaaa membantu bgt kak. Trus aku mau tanya lg kak, kalo mau stadion citarum bisa naik btr ga kak? 😆

      Delete
    5. Kayanya kalau langsung pas di daerah stadion citarum ga bisa deh. Kalau naik BRT palingan kamu bisanya cuma sampai depan jalan patimura. Jadi kalau dari ungaran kamu naik BRT Koridor II trus turun di elizabet buat transit. Trus kamu naik BRT Koridor III yang kearah mt haryono atau java mall, trus kamu turun di shelter BRI Patimura. Trus kamu bisa jalan kaki kearah jalan patimura lurus aja ada perempatan lurus lagi ke jalan citarum sampe ke stadion citarum, kalau dari maps sekitar 900 m, 11 menit an. Kalau dari shelter BRI Patimura mau naik angkot aku ga paham hehe.

      Delete
  37. Selamat malam, mau tanya kalo naik brt dari terboyo menuju bandara ahmad yani jalurnya yang mana aja ya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Selamat Malam :))
      Dari terminal Terboyo bisa naik BRT Koridor II, trus turun di balai kota buat transit. Dari balai kota naik BRT Koridor IV yang ke arah terminal cangkiran, trus nanti turun di shelter Bandara Ahmad Yani.
      Untuk shelternya itu ada di luar bandara, sebelum jalur kereta api, jadi jalan kaki sedikit ke dalam bandaranya.
      Semoga membantu :))

      Delete
    2. alternatif lain selain moda transportasi brt apa aja? taksi atau ojek?
      terima kasih

      Delete
    3. Taksi bisa, gojek juga bisa, kalau angkutan umum seperti angkot atau bus saya kurang tau hehe.
      Kalau buru-buru dan takut kena macet, lebih baik naik gojek, lebih murah dan lebih cepat dibanding naik taksi haha.

      Delete
  38. Kalau ke jl gajah mada ada shelter brt nya gx yaaah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, tapi aku kurang hafal dimana aja shelternya, sepanjang jalan gajah mada seingetku ada beberapa shelter deh..

      Delete
  39. mohon maaf mau tanya,kalau dari stasiun tawang mau ke klinik sehat utama di Jl Medoho Raya Semarang (Dekat Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT))
    dari arah jembatan kartini, setelah jembatan kartini gang pertama belok kanan, kemudian belok kiri itu baiknya pakai brt koridor 3 kah?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo maaf baru bisa bales commentnya hehe
      Kalau langsung ga bisa, shelter BRT terdekat dari klinik itu ada di SMK N 5 Semarang..
      Jadi dari tawang kamu naik BRT koridor II atau IV trus kamu mesti transit, nah tempat transitnya aku lupa nama shelternya apa, tanya ke petugas aja bilang ke arah dr. cipto. Dari tempat transit itu kamu nai BRT koridor III trus turun di shelter SMK N 5 Semarang. Nah dari situ kamu bisa jalan kaki atau naik angkot (tapi aku ga tau ada atau ga, kalau ada ga tau yang mana hehe).
      Semoga membantu :))

      Delete
  40. mau tanya dong kak, kalo mau ke dr cipto dari mangkang transitnya dimana ya? trs nama halte yg daerah dr cipto tu namanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      dr. cipto maksudnya RS. Pantiwilasa Dr. Cipto?? Kalau iya, dari mangkang bisa naik BRT Koridor I trus turun di Shelter Udinus buat transit, dari situ naik BRT Koridor II yang ke arah terboyo. Trus turun di penjaringan atau pengapon buat transit (tanya sama penjaganya aja mau ke dr.cipto turun dimana soalnya aku lupa hehe), dari situ naik BRT Koridor III yang ke arah dr. cipto atau elizabeth. Trus turun di shelter RS. Pantiwilasa Dr. Cipto. Kalau jaraknya deket atau ga aku kurang paham hehe.
      Kalau sepanjang jalan Dr. cipto ada 3 shelter, bisa liat di rute map diatas, ada shelter RS. Pantiwilasa Dr. Cipto, shelter SMKN 1, dan shelter SMKN 5.
      Semoga membantu :))

      Delete
  41. mbak kalu dari Elisabeth ada yang langsung ke Poncol gak ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Bisa kok, dari shelter elizabeth kamu bisa langsung naik BRT Koridor III yang ke arah simpang lima, nanti turunnya di shelter stasiun poncol.
      Semoga membantu :))

      Delete
    2. ooohh, oke deh mbak, membantu sekalee :D Makasihh

      Delete
  42. kalau aku dari Mpu Tantular (Bank mandiri Mpu Tantular) ada halte sih deket situ, terus mau ke Simpang Lima naik koridor berapa ya? secara haltenya halte kecil kyk halte dadakan gt. Thanks before yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Bank Mandiri yang di kota lama itu yaa?
      Kalau yang aku liat dari google maps, kamu naiknya dari Shelter Kota Lama aja, deket kok, yang di seberang Old City 3D Art Museum. Nah dari situ kamu naik BRT Koridor II yang ke arah Ungaran/Sisemut. Terus kamu turun di shelter balai kota buat transit, terus naik BRT Koridor II yang ke arah Penggaron. Terus nanti turun di simpang lima.
      Semoga membantu :))

      Delete
  43. HALLO KAKA, ada kabar gembira nih sekarang di undip udh ada brt nyaaa...kapan2 kita tour bareng pake brt ya ka hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, iya nih udah ada dari semenjak beberapa bulan yang lalu, tapi aku belom sempet update lagi karna masih nunggu rute map yang terbaru hehe.. Harusnya pas pembukaan kemarin tuh, masih gratis naik brt haha..

      Delete
  44. Selamat sore saya mau nanya 1. shelter terboyo letaknya dimana? Apakah di dalam terminal? Di bagian mananya
    2 . terboyo mau ke rs Elizabeth naik brt jurusan sisemut Ungaran gak? Transit berapa kali? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf banget yaa aku baru bales, selama dirumah aku ga buka blog :((
      1. iyaa di dalam terminal, aku bingung jelasin bagian mananya, hmm sebelah kiri pojok yg tukang jualan deh kayanya. Kan pas masuk terminal ada yg bagian dalam (dibalik tempat jualan) sama dibagian luar tempat busnya, nah halte brtnya itu di pintu masuk ke bagian dalam tempat bus, keliatan kok hehe..
      2. iyaa bener, ga usah transit, itu langsung ke shelter RS Elizabeth..
      Semoga membantu :))

      Delete
  45. Hai, mau nanya ni, kalo ingin ke Simpang Lima dari Patung Diponegoro nnt transitnya dmn ya? Begitu arah sebaliknya apakah harus transit?transitnya dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf banget nih baru bisa bales..
      Dari patung Diponegoro bisa naik dari shelter seberang Waroeng Steak, trus kamu transit di Elizabeth. Trus kamu naik BRT Koridor III yang ke arah simpang lima, trus turun di shelter simpang lima.
      Sebaliknya juga sama dari simpang lima naik BRT Koridor III yang kearah elizabeth, trus transit di elizabeth. Trus kamu naik BRT Koridor II yang kearah ungaran, trus turun di shelter tembalang.
      Semoga membantu :))

      Delete
  46. Kalau dari Tembalang ke Universitas Soegijapranata naik BRT Koridor berapa & turun di halte apa? Kira-kira lewat berapa menit sekali busnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Kalau dari tembalang bisa naik dari shelter yg ada, trek utamanya sih dari stadion undip, trus kamu naik yg ke arah unnes, trus langsung kok bisa sampe depan unika, buat turunnya aku kurang paham, bisa tanya ke petugasnya hehe.
      Buat berapa lamanya juga tergantung, soalnya kan jalan macet trus jumlah busnya juga masih sedikit hehe.
      Semoga membantu :))

      Delete
  47. Kak.. mau nanya
    Unnes ke stasiun poncol/tawang naik brtnya dari mana kak? Trus transit kemana aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Kalau dari unnes bisa naik BRT koridor VI yang kearah undip trus turun di shelter elizabeth buat transit, trus naik BRT koridor II kalau mau ke tawang, nanti turunnyadi shelter stasiun tawang.
      Kalau mau ke poncol, dari elizabeth kamu naik BRT koridor III yang ke arah simpang lima, nanti turunnya distasiun poncol (masih jauh dari simpang lima).
      Semoga membantu :))

      Delete
  48. Eh kak, mau nanya. Kalau dari kampus upgris mau ke transmart setiabudi sama dari stasiun poncol mau ke kampus upgris itu naiknya yg apa ya? Dan transit dimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Dari kampus upgris kamu bisa naik di shelter SMK N 5 Semarang, trus kamu turun di elizabeth buat transit, trus kamu naik BRT koridor II yang ke arah ungaran/sisemut, trus turunnya tanya sama petugasnya aja yaa, aku lupa soalnya yg terdekat dimana hehe
      Kalau dari poncol ke kampus upgris itu aku bingung, gampang nya sih kamu naik BRT koridor III yang ke arah pelabuhan trus aku ga tau di pelabuhan itu kamu bisa lanjut di bus itu atau harus pindah dan bayar lagi. Pokoknya lanjut sih BRT koridor III, dari pelabuhan nanti naik yang ke arah dr. cipto, trus turun di shelter SMK N 5 itu.
      Semoga membantu :))

      Delete
  49. Mau tanya nih, kalau dari Bawen naik Trans Jateng mau ke Lapas Perempuan II Bulu turun&transitnya dimana ya? Begitupun arah sebaliknya dari LP ke Bawen gimana? Terima kasih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo :))
      Maaf sebelumnya, aku baru tau ada trans jateng jadi baru cari2 infonya, dan semoga bisa dipakai saranku ini hehe.
      Dari bawen kamu naik trans jateng trus turun di Shelter imam bonjol, shelternya deket udinus, setelah tugu muda, trus kamu transit alias ganti bus BRT koridor II yang ke arah mangkang trus turun di shelter PMI Bulu.
      Kalau dari LP kamu naik dari shelter PMI Bulu BRT Koridor II yang kearah penggaron, trus kamu turun di shelter Balai Kota buat transit, trus kamu naik Trans Jateng ke bawen.
      Semoga membantu :))

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Asslamualakum
    Kak Refaramadhani mau tanya kalo dr Ungaran mau kampus upgris itu kan naik bus koridor 2, itu ntar transit nggak ya.. terima kasih

    ReplyDelete
  52. Hallo ka makasih blognya membantu sekali... Aku mau tanya, kalau dari tembalang mau ke poncol itu naik BRT nya bisa dari mana aja kan? (Aku taunya perhentian BRT/ halte itu ada dekat fakultas peternakan)
    Nah soal jam nya BRT itu sistemnya itu gimana ya ka? Dua jam sekali lewat kah atau gimana? Soalnya aku mau pulang naik kereta sekitar jam 1, aku bingung harus naik BRT dari tembalang jam berapa... Mohon bantuannya ka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Desy

      -naik BRT bisa dari mana aja.

      naik BRT Undip-Unnes (transit di Elizabeth)
      ganti BRT 3A (Elizabeth-Poncol-Pelabuhan), Turun Poncol

      atau
      di Elizabeth ganti BRT jalur 2 (Sisemut/ungaran-Terboyo), transit lagi di Udinus ganti BRT 3A ke Poncol

      -jam keberangkatan BRT tergantung jumlah armada & kondisi lalu lintas pada jalur/koridor tersebut
      gambaran umumnya : bus pada masing" koridor biasanya mulai jalan jam 05.30 (paling pagi) dan paling sore jam 17.30 dari halte terminus. bis diperhitungkan bisa jalan 4x PP selama jam tersebut, jadi +/- Trayek di tempuh 1.5 jam

      rata" waktu tunggu di shelter 15-30 menit

      -untuk spare waktu dari tembalang ke arah poncol saya sarankan 2 - 2.5 jam dari waktu keberangkatan.

      sebagai perbandingan misal naik dari Elizabeth ke Poncol biasanya memerlukan waktu 1 Jam, +/- waktu tunggu bis di shelter

      semoga bisa membantu

      Delete
  53. Permisi kak mau tanya, kalo dari UNDIP ke gramedia naik BRT koridor berpa dan turunnya dimana ya kak? Aku baru ke Semarang jadi belum tau rute-rutenya.Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Nur

      di semarang sethu saya ada 2 Toko Gramedia

      dari Undip bisa memakai BRT koridor VI Undip-Unnes
      Transit di Elizabeth, ganti bis Koridor 3A. kemudian

      -bisa turun di halte transit simpanglima, jalan 300m ke arah jl pandanaran. gramedia berada di belakang Masjid Baiturrahman Semarang/ seberang Gerai Indosat Ooredo (sisi Utara/kanan jalan dari simpang lima).

      -bisa turun di Halte transit Balaikota (masih di Koridor 3A). jalan 50m arah Tugumuda , gramedia berada di gedung/hotel amaris (sisi kiri/selatan jalan)

      selama tidak keluar dari halte transit (bukan halte terminus) tidak perlu membeli tiket lagi (tiket harap disimpan)

      semoga membantu

      Delete
    2. untuk Peta Rute bisa menggunakan MAP berikut

      https://drive.google.com/file/d/0B6Rwn_CxAnrpS3dqX3g0MjZpN0U/view

      Author : Adriansyah Yasin & Fagra Hanif

      sumber: https://www.facebook.com/TransSemarang/?ref=br_rs
      disclaimer >> Ini bukan halaman resmi dari pengelola Trans Semarang. Ini hanya komunitas yang peduli dengan Trans Semarang

      Delete
  54. Halo kak, link nya sangat bermanfaat.
    Maaf kak mau tanya, kalau dari bandara mau ke Hotel Ibis Jalan Tendean atau Paragon Mall rutenya gimana ya kak? Saya masih sangat awam ke kota Semarang. Makasih banyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. met malam mas Mursi

      untuk kedua tujuan tersebut bisa naik BRT koridor IV (Cangkiran-Tawang), naik dari halte di luar Bandara (dekat persimpangan rel kereta) tujuan stasiun Tawang.

      -hotel ibis tendean>> turun di halte tendean (1 halte setelah halte transit UDINUS)
      -Paragon mall >> turun di halte Transit balaikota, & jalan kaki +/-300 meter

      semoga membantu

      Delete
  55. saya dari arah penggaron. kalau mau ke nasmoco training center tambak aji turun di halte mana ya

    ReplyDelete
  56. Halo kak, terimakasih buat infonya, sangat bermanfaat buat orang luar kota yang pengen ke semarang ni kak. makasih banyaak

    kak, permisi mau tanya, kalau ke undip tembalang dari stasiun tawang itu bagaimana ya kak? apa cuma sekali aja naik koridor 2 atau aku harus oper brt ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
  57. met pagi mbak annisa

    dibawah ini cara ke daerah undip menggunakan BRT dan Trans jateng

    A). dari sta tawang ke Undip tembalang via BRT
    1. di sta tawang naik BRT koridor 4 (Tawang-cangkiran), transit di halte balaikota. nanti bisa memilih salah satu
    a) ganti BRT koridor 3B (Pelabuhan-Elizabeth) atau
    b) ganti BRT koridor 2 (Terboyo-ungaran-sisemut)

    2. apabila memilih (1.a) transit kedua di Halte Elizabeth; ganti BRT koridor 6 (Unnes-Undip), bisa turun di kawasan kampus (setelah masuk gapura). sebaiknya infokan dulu ke kondektur mau turun disebelah mana, rute di kawasan kampus sebagian besar 1-arah.

    3. apabila memilih (2.b) dari balaikota bisa langsung turun setelah gapura Undip di shelter tembalang (-7.050082, 110.418870), masih di luar area kampus

    catatan: Gapura=patung kuda (-7.048605, 110.419740)


    ------------------------
    misalkan tujuannya di sekitar patung kuda

    B. dari sta Tawang ke ungaran melewati patung kuda (Trans jateng)

    rute : sta tawang-balaikota-RS kariadi-elizabeth-Patung kuda- ungaran-bawen
    catatan: bila transit/ pindah ke BRT dan sebaliknya bayar lagi

    dari shelter sta tawang naik Trans jateng turun shelter tembalang

    semoga bisa membantu

    ReplyDelete
  58. Assalamu'alaikum, kak mau tanya nih, kalo naik dari terminal banyumanik ke gajah mada, rutenya gimana ya kak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. met siang mbak nafia
      T banyumanik- gajah mada

      -dari T banyumanik naik BRT koridor ungaran-terboyo, turun/transit di elizabeth
      -ganti BRT koridor 3 arah simpang lima, jalan gajah mada letaknya setelah simpang lima

      BR

      Delete
  59. Assalamu'alaikum.
    Mbak, saya mau tanya. Kalo dari terminal terboyo ke kawasan industri candi harus naik bus koridor berapa ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau coba jawab.

      dari arah terboyo bisa naik bus BRT koridor 2 Terboyo-ungaran dari RSI sultan agung, nanti transit di balaikota.

      dari balaikota bisa transfer naik koridor 1 jurusan mangkang atau koridor 4 jurusan cangkiran; turun di shelter Krapyak (shelter terdekat). disambung ojek , masih ada jarak 800m ke kawasan industri [Jl. Gatot Subroto, Purwoyoso, Ngaliyan]

      ps: dikarenakan terminal terboyo akan digunakan sebagai parkir angkutan barang, halter RSI akan menjadi halte terakhir arah terboyo

      https://twitter.com/Transsemarang/status/935035712386109441
      ---------------------------------
      arah sebaliknya juga sama; dari krapyak transit balaikota dulu transfer arah terboyo

      BR

      Delete
  60. Permisiiii... mau nanya euy.. kalo dari halte brt yg di undip mau ke java mall itu langsung aja apa mesti transit dulu ?...

    ReplyDelete
  61. undip ke javamall bisa transfer di elizabeth

    ReplyDelete
  62. Mbak mau tanyak, saya dari surabaya mau jalan2 ke semarang
    Kalo dari terminal terboyo ke daerah kampungkramas tembalang, rute BRT nya gimana mbak ??
    Trimakasii sebelumnyaa

    ReplyDelete
  63. mau tanya dong kak . dari poncol ke bawen nnti oper nya di mana ya ?
    terimakasih

    ReplyDelete
  64. kalau dari nnes mau ke penggaron itu naik busnya yanng di depan bank ya kak,tpi ada tulisan jurusannya enggak?..terus nnti dari penggaron ke purwodadi tulisan bus dan warna busnya apa kak? trimakasih

    ReplyDelete
  65. Kalo dari kedungmundu mau k terboyo bisakah? Kalo iya transit dimana dan d koridor berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kedung mundu naik BRT kor V meteseh-PRPP, transit di Balaikota. ganti BRT koridor II relasi Ungaran-terboyo

      Delete
  66. Kak mo tny, klo dari dr.cipto mau ke alun alun ungaran, naek transsemarang, gemana kak?
    Trims

    ReplyDelete
  67. Kak kalo mau ke unnes dari stasiun poncol bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak bisa naik BRT koridor III, dari shelter poncol seberang jalan pintu keluar stasiun; posisi agak ke timur.
      transit di shelter Elizabeth, turun dan ganti bus koridor VI jurusan Unnes

      ps jam operasi berakhir sekitar 17.30-18.00 (bus terakhir)

      Delete
  68. Kak mo tanya
    Kalo dari Poncol ke Bawen/ Ungaran gmn caranya
    Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik trans semarang /ojek ke stasiun tawang dulu. nanti naik Trans Jateng dari halte/shelter depan stasiun ke bawen. misal masih memerlukan info silahkan tanya ke petugas

      Delete
  69. Kak mau tanya, kalo dari stasiun poncol mau ke terminal sukun tempat nyegat bis itu naik koridor berapa dan gimana caranya? Mohon dijawab..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. dari poncol bisa ke stasiun tawang dulu naik bus trans koridor IIIA (shelter sisi stasiun) atau naik ojek. di shelter depan stasiun tawang berganti bus Trans Jateng (bayar lagi) arah bawen nanti turun di sukun.

      2. dari poncol naik bis trans koridor IIIB (shelter seberang stasiun). setelah itu transit di shelter balaikota berganti bus Koridor II arah ungaran turun sukun

      catatan
      misalkan nomor bis koridor III>> III - xxx , dengan xxx nomor bus
      bis koridor IIIA rute di peta searah jarim jam. nomor bus ganjil
      bis koridor IIIB rute di peta berlawanan jarum jam. nomor bus genap

      misal ada yg belum jelas bisa ditanyakan ke petugas

      Delete
  70. Kak, mau nanya.. Misal dari terminal banyumanik ke stasiun semarang poncol itu naek koridor brp aja ya kak? Trus kalau di banyumanik naiknya disebelah mana ya kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak sarah bisa naik dari dalam terminal banyumanik (sisi barat jalan).
      setahu saya ada 2 bis yg lewat sana, trans semarang koridor 2 trayek ungaran-terboyo & bus trans jateng trayek bawen-stasiun tawang

      -misal naik trans semarang koridor 2 arah terboyo, nanti turun di shelter balaikota untuk ganti bis koridor 3A jurusan poncol-pelabuhan . turun di shelter stasiun poncol

      -misal naik transjateng jurusan semarang tawang, mbak bisa turun langsung di stasiun poncol

      lokasi shelter terminal banyumanik arah semarang : -7.073610, 110.410917

      semoga membantu

      Delete
  71. slmt malam..mau nanya kalo dari jalan woltermonginsidi mau ke kebun binatang mangkang semarang perlu naik koridor brp aja yah? mohon pencerahannya krn saya baru skli d smg..pgn ngajak anak muter2 naek brt sekalian ke kebon bntang heheh..trm kasih bnyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari jl wolter monginsidi mbak destia bisa naik Koridor 7 Terboyo-Balaikota (Pemuda); Transit di Balaikota ganti koridor 1 trayek penggaron-terminal mangkang.

      turun di terminal mangkang. lokasi bonbin jika dilihat di google map terletak di seberang terminal

      ps: saya sendiri belum pernah masuk bonbin tersebut

      Delete
  72. Maaf mau tanya. Klo mau ke java mall (sepertinya ada halte brt java mall) dr terminal bawen atau terminal ungaran naik yg mana ya?

    ReplyDelete
  73. Klo rute seperti ini bisa ga ya?
    Dr sisemut naik brt turun di halte don bosco. Trus nyebrang ke halte sebrangnya naik 3b ke java mall?
    Pulangnya dr java mall naik 3a ke don bosco. Kemudian nyebrang halte sebrangnya naik brt yg jurusan sisemut ungaran? Mohon koreksinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti diatas bisa saja, ketika menyeberang di sekitar shelter don bosco harap hati" dikarenakan kendaraan dari arah ungaran yg berbelok biasa nya dgn kecepatan agak tinggi.

      kalau saran saya bisa dicoba turun di
      shelter elizabeth ;
      papandayan_untuk kemudian menyeberang via jpo ke shelter kagok;
      atau shelter akpol (sisi KFC)_menyeberang via zebra cross ke shelter akpol di seberang jalan sisi pom bensin

      ps: untuk pergantian transjateng <> trans semarang silahkan membeli tiket lg

      Delete
  74. Permisi kak mau tanya, kalo dari terminal terboyo ke stasiun semarang poncol rutenya/naiknya darimana ya?

    ReplyDelete
  75. Terimakasih kak infonya sangat membantu.

    Maaf kak mau tanya kalo dari terminal sisemut ungaran mau ke daerah patung kuda/undip naik brt nya rutenya gimana ya kak ? Dari sisemut transit di halte elisabeth dulu atau dari sisemut ada halte yg langsung patung kuda kak?

    Tolong dibantu ya kak soalnya masih bingung sama rutenya

    ReplyDelete
  76. Mau tanya ? kalau dari smkn 5 smg mau ke kariadi naik bis brt nya caranya gimana ya ? Pakai jurusan mana, nanti transit apa enggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik dari halte DR cipto koridor 3, transit di elizabeth. ganti koridor ungaran-terboyo turun di kariadi

      Delete
  77. Maaf kak mau tanya, kalo dari terboyo mau ke stasiun tawang caranya bagaimana ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  78. Hello, saya mau tanya kalau mau ke Lawang Sewu kan turun si shelter Katerdal ya, itu jarak nya jalan kaki ke Lawang Sewu nya jauh kah? Kira-kira berapa meter ya?

    ReplyDelete
  79. Assamu'alaikum. Mau tanya, kalo dari terminal terboyo ke poltekkes banyumanik itu naik berapa koridor dan dimana saja? Mohon penjelasan untuk rutenya
    Terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dilihat dari peta google map lokasi poltekkes

      bisa naik Koridor II (terboyo-ungaran),nanti turun di ADA setiabudi atau terminal sukun, lanjut Ojek

      Delete
  80. Kak kalo dari polines mau ke rs.kariadi bagaimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. polines ke Kariadi bisa naik dari shelter seberang polines (arah dari rusunawa ke patung kuda), nanti transit di elizabeth ganti bus koridor 2 (sisemut >>> terboyo) turun di Kariadi

      Delete
  81. Halo kak, terima kasih atas infonya. Sangat membantu pendatang yang kebingungan seperti aku hehe

    Kalau dari poncol menuju polines, naiknya yang mana? Jam 3 siang masih ada kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. met siang mbak
      di poncol bisa naik Koridor 3B (koridor III nomor bus genap) dari shelter seberang jalan, pintu keluar stasiun jalan sedikit ke arah kiri.

      naik bus turun di shelter elizabeth (taman diponegoro), untuk transit dan ganti bus Koridor 6 jurusan undip (relasi Unnes-Undip).

      untuk shelter tutunnya bisa bertanya ke petugas di dalam bus

      Delete
    2. *untuk shelter turunnya bisa bertanya ke petugas di dalam bus

      jadwal bis terakhir jam 17.30 perkiraan (pemberangkatan dari shelter awal masing" relasi). jam 3 sore masih ada

      Delete
  82. Kak kalo dari tembalang mau ke cangkiran naik dan transitnya dimana aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari tembalang bisa naik dari sekitar kampus undip misal Shelter rusunawa undip

      -naik bis jurusan unnes transit di shelter elisabeth
      -ganti bis arah halte balaikota
      -di balaikota ganti bis lagi arah cangkiran

      semoga membantu

      Delete
  83. Permisi saya mau tanya untuk jalur brt dari terminal terboyo ke poncol itu gimana ya ? Trus membutuhkan waktu berapa.lama dari terboyo ke poncol nya? Yang kedua kalau dari terminal.sukun ke poncol gimana ya? Trus waktunya berapa lama juga? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari terboyo ke poncol naiknya dariluar terminal dikarenakan ada pengalihan fungsi T terboyo.

      terboyo-poncol
      naik dari RSI sultan agung koridor 2 [terboyo>>ungaran]
      transit di shelter radenpatah, ganti bus 3B [pelabuhan-Elisabeth]; nanti turun di poncol

      sukun-poncol
      naik dari T sukun koridor 2, transit di balaikota atau udinus. transfer ganti bis koridor 3A [elisabeth-pelabuhan] atau 7 [balaikota-Terboyo]

      semoga bisa membantu
      apabila ada yg kuramg jelas bisa bertanya ke petugas

      rute transsemarang (mungkin blm diupdate untuk koridor 7)
      https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Berkas:Peta_rute_Trans_Semarang.png&filetimestamp=20180528230539&

      twitter transsemarang
      https://twitter.com/Transsemarang

      Delete
    2. Terimakasih , itu membutuhkan waktu berapa lama ya dari terminal sukun ke poncol?

      Delete
    3. sekitar 1 jam atau lebih.

      di beri tenggang waktu saja misal mau naik kereta. dimasukkan faktor macet, menunggu bus/transit atau cuaca

      Delete
  84. Kak maaf mau tnyak nih kalau dari stasiun poncol ke stadion wujil pandanaran naik apa ya kak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. misal maksudnya stadion wujil di ungaran barat/ bergas (https://goo.gl/maps/Ptc55ZWZ1hD2),

      dari halte sta poncol bisa naik
      trans semarang turun di halte sta tawang untuk kemudian ganti bis transjateng jurusan bawen atau

      transjateng ikut ke statawang dulu baru lanjut ke bawen

      untuk nama halte turun nya kemungkinan nanti di daerah wujil atau tanya petugas di atas bus

      lama perjalanan sekitar 1.5 jam

      Delete
  85. Hay kak mau tanya dong, aku dari bawen mau ke maerokoco naik brt yg jurusan bawen-tawang bisa? Nanti transit dimana dan turun di shelter mana?
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  86. Mbak kalo dari ngesrep 6 yang deket halte brt srondolkan nah kalo mau ke terboyo naik yang koridor berapa? Terus misal mau ke Citraland naik yg brt koridor berapa? ? Thx kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari srondol ke arah terboyo menggunakan Koridor 2 Trans semarang.

      sedangkan ke citraland yg terletak di sekitar simpang lima menggunakan Koridor 2, kemudian Transit ganti bus 3A di shelter Elizabeth; Turun simpang lima

      berikut link info yg bisa berguna

      https://twitter.com/Transsemarang
      https://id.wikipedia.org/wiki/Trans_Semarang

      semoga membantu

      Delete
  87. Kalau dari unnes ke lawang sewu. Transitnya dimana ya mbak?trs habis itu ambil bis koridor brp?

    ReplyDelete
  88. Kak mau tny klw dari stasiun poncol ke terminal panggaron naik brt koridor brp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik bus koridor 3B dari halte seberang stasiun (agak ke timur);
      nanti transit/ganti bus di halte Balai kota. pindah ke bus koridor 1 jurusan Penggaron

      [Poncol] >> Koridor 3B >> [Balaikota] >> koridor 1 (arah Penggaron) >> [Penggaron]

      misal masih bingung bisa bertanya kepada petugas di Halte/ bus

      semoga membantu

      ps: bus koridor 3B memiliki identitas romawi 3 >>> III di ikuti angka genap

      misal : III-06

      apabila ada gangguan di jalur biasanya dikabarkan melalui akun resmi
      https://twitter.com/Transsemarang

      Delete
  89. Kak mau tanya klo dri terminal terboyo ke sam poo kong gimna ya? Naek brt koridor brp ya

    ReplyDelete
  90. Kak mau tanya kalo dari halte gombel ke terminal Terboyo gimana ?naiknya koridor berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa naik koridor 2, ungaran-terboyo , kemungkinan bus berhenti di luar terminal

      Delete
  91. Mau tanya kalau dari mangkang mau ke javamall itu pindah koridor yang mana terus nanti turun di shelter apa

    ReplyDelete
  92. Kalau mau ke jalan raya Kelud,Krapyak..dari depan kantor PRPP Semarang..bisa nggak,mas..mohon infonya.. terima kasih

    ReplyDelete
  93. Kak, mau tanya! Kalau dari Unnes ke jalan MT. Haryono ( studio Gajahmada fm) rutenya gimana ya? Aku harus naik koridor berapa?Aku tunggu jawabannya ya..Terimakasih

    ReplyDelete
  94. Halo kak malam mau nanya nih kalau saya dari arah mangkang mau ke polines nanti transitnya dimana ya kak?
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  95. Kak kalau dari RS Permata medika ngaliyan mau ke Jatingaleh bagaimana ya rutenya?

    ReplyDelete
  96. kak kalo dari gajahmungkur mau ke arah balaikota naiknya brt jurusan terboyo atau yang jurusan tawang? mohon dibalas kak, terima kasihh ;))

    ReplyDelete
  97. kak kalo dari gajahmungkur mau ke arah balaikota naiknya brt jurusan terboyo atau yang jurusan tawang? mohon dibalas kak, terima kasihh ;))

    ReplyDelete
  98. Permisi kak klo dari terboyo mau ke kota lama gimana yakak??

    ReplyDelete
  99. Kak maaf numpang nanya, kalo dari halte smkn 5 ke sam poo kong naik brt jurusan mana ya? Trus nanti transit d mn? Trima kasih

    ReplyDelete
  100. Klo mau ke unimus naik brt dari stasiun tawang bisa ga kak? Turunnya dimana ya?

    ReplyDelete
  101. Hai kak, mau tanya dong kalo dari st. Poncol ke akpol harus naik koridor berapa? Terus harus transit atatau tidak?
    Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

AB forever

For me, SEMARANG is...